Blog tentang kegiatan dan kejadian di Kecamatan Sukorejo SMART

Bacalah dg (menyebut) nama Tuhanmu yg Menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yg Maha Pemurah, yang mengajar (manusia) dg perantaran pena. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” Al Alaq 1-5
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengurus Perubahan KK Data Salah, Pengurangan atau Penambahan Anggota Keluarga

Kartu keluarga sukorejo smart

Kemarin sudah pernah kita bahas tentang Penerbitan KK Baru dan juga tentang Cara Cepat Mengurus KK yang Hilang atau Rusak, silahkan dicek lagi bagi yang membutuhkan.

Untuk saat ini kita akan membahas bagaimana cara mengurus:

  • Perubahan data KK jika ada kesalahan nama, tanggal lahir dll.
  • Perubahan data KK karena pengurangan anggota
  • Perubahan data KK karena penambahan anggota


Lengkapi dulu dokumen yang dibutuhkan, beritkut ini:


  1. KK asli yang lama
  2. Akta kematian (bagi yang pengurangan anggota)
  3. Surat keterangan pindah keluar (bagi yang pengurangan anggota)
  4. Surat keterangan kelahiran dari bidan/desa (bagi yang penambahan anggota)
  5. Surat keterangan pindah masuk (bagi yang penambahan anggota)
  6. Fotokopi buku nikah / kutipan akta nikah.
  7. Fotokopi dokumen pendukung seperti Ijazah/Akta kelahiran.
  8. Surat kuasa yang diketahui Kepala Desa / Lurah bagi pemohon yang tidak bisa mengurus sendiri.

1. Setelah semua dokumen dilengkapi, datang ke Balai Desa / Kantor Kelurahan pada jam kerja (Perkiraan waktu 15 Menit)
  • Minta Formulir / Blanko Pengajuan KK
  • Surat pengantar dari RT/RW, Kepala Desa/Lurah

2. Datang ke Kantor Kecamatan (Perkiraan waktu 15 Menit)
  • Harap mengenakan pakaian yang sopan (tidak memakai kaos, celana pendek, sandal jepit)
  • Serahkan berkas dari Desa/Kelurahan ke Ruang Pelayanan
  • Minta surat pengantar Kecamatan untuk mengurus KK

3. Datang ke UPT Capil (Catatan Sipil)
Di Kabupaten Pasuruan tidak semua Kecamatan terdapat Kantor UPT Capil sendiri, kebanyakan tiap 3 Kecamatan terdapat 1 (satu) UPT Capil, untuk Kecamatan Sukorejo mengikuti UPT Capil yang ada di Kecamatan Purwosari (satu lokasi dengan kantor Kecamatan).
Serahkan semua berkas dari Desa dan Kecamatan untuk proses penerbitan KK,

Demikian cara mengurus KK yang salah dengan cepat, tanpa ribet dan tidak dipungut biaya, semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat Sukorejo SMART dan pada umumnya pada semua Warga Negara Indonesia.
Labels: dispenduk capil, kartu keluarga, kk, pelayanan, sukorejo, sukorejo city of matoa, sukorejo pasuruan, sukorejo smart, surat-menyurat

Thanks for reading Cara Mengurus Perubahan KK Data Salah, Pengurangan atau Penambahan Anggota Keluarga. Please share...!

90 Comment for "Cara Mengurus Perubahan KK Data Salah, Pengurangan atau Penambahan Anggota Keluarga"

Permisi pak, mau tanya kalau mengurus nama yg salah di KK sama update pendidikan terakhir persyaratannya apa sj ya ?

Kenapa ya penulisan/penambahan nama di KK banyak yang salah...???
Padahal itu sangat merugikan masyarakat,bikin orang harus bolak balik mengurusnya...

Mohon maaf sebelumnya, Di Kabupaten Pasuruan kewenangan Kecamatan dalam proses pengurusan KK/KTP hanya sebatas Pengantar untuk dilanjutkan ke UPT Capil (Catatan Sipil) atau Capil Pusat.

Bukan bermaksud melempar tanggung jawab, tapi memang KK/KTP adalah Produk dari Catatan Sipil. Jadi kami himbau kepada semua masyarakat agar cek dulu saat menerima produk yang diurus agar bisa langsung ditindaklanjuti.

Semoga Menjawab, terimakasih.

Untuk perubahan data (Nama, Tgl Lahir dll) jika perubahan 1-2 huruf masih bisa diurus dengan mudah.
Cukup lampirkan data fotokopi pendukung (Akta Kelahiran/Ijasah) + minta blanko perubahan data (F1.05) dari Desa/Kelurahan.

Update pendidikan bisa langsung lampirkan ijasah terakhir.

Untuk pertanyaan lebih jelas bisa Whatsapp ke Nomor 085777766116

Ijasah asli apa fotokopian pak

Maaf kak, kalo di Tangerang mau ngurus perubahan data ke mana ya?

Saya mengurus perubahan nama di KK... sampai 2 bulan ko belum jadi... suruh menunggu dgn waktu yg ga di tentukan... itu bagaimana ya...
sebenarnya ngurus perubahan data perlu waktu berapa lama... mohon infonya

Saya mengurus perubahan nama di KK... sampai 2 bulan ko belum jadi... suruh menunggu dgn waktu yg ga di tentukan... itu bagaimana ya...
sebenarnya ngurus perubahan data perlu waktu berapa lama... mohon infonya

Permisi pak kalau mau merubah tahun lahir di kk kira -kira berapa lama.?

Permisi pak kalau mau merubah tahun lahir di kk kira -kira berapa lama.?

Kesalahan data kk ini sangat merugikan saya... saya tidak bisa membuat ktp karena nik kk saya mengalami kesalahan di waktu tgl lahirnya...saya yg kelahiran 2000an di data nik saya malah 70an..

Permisi pak ini mau ganti pekerjaan yg tertulis di kk gimana ya persyaratannya ?
Itu kira" di Capil sehari bisa jadi ngak pak ?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Ganti kk baru terlebih dahulu di cek dan diteliti sebelumnya agar tdk terjadi kekeliruan.

permisi pak, kan saya masih sekolah tetapi status pekerjaan saya di kk wiraswasta apakah itu bermasalah saat saya ingin daftar sekolah?

Pak kalau ijazah nya hilang bagaimana pak?

Min apa kah bsa merubah data yang salah di kk di wakili sma orang yang tidak bersangkutan di KK..??

Untuk memperbaiki nama, apakah nomor NIK dapat berubah juga sesuai tahun perubahan data di KK, tahun pembuatan KK 2017, terus tahun memperbaiki nama di KK tahun 2018, serta apakah tanggal pembuatan KK berubah juga sesuai waktu perubahan

Mau tanya kalau kk salah status bagaimana ya pengurusan nya.
Status saya belum menikah tapi di kk tertulis sudah menikah. Bagaimana cara mengurus nya

Kalau cuma ganti tanda tangan soalnya beda di ktp?

Data nama di KK telah berubah,tp data di database perbankan masih dengan nama dengan ejaan yg lama/salah, ni yg salah memang data di Dukcapil atau data perbankan yg belum sinkron ya?

Kenapayah bisa salah, padaha sya sudah minta-minta tanda tangan sono, tanda tangan sana, tanda tangan sini tp masih aja musti balik lagi,,ini kenapayah??

Kalo untuk update pendidikan ke mana pak ke kecamatan apa ke catatan sipil terus kalo pake surat kelulusan bisa ga ? Mohon bantuan nya pak terimakasih

Kalau ganti kk utk merubak nik brp minggu..krn nik e-ktp sama d kk tdk sama.. sedangkan nik ektp sudah paten

Maka nya bapak segera menikah agar tidak terjadi perbedaan data

Saya mau nanya jika nik kita tidak sesuai dgn tanggal lahir yg tercantum dalam kk apa tidak bisa di rubah lagi. Karna pengakuan dari kantor dukcapil setempat tidak bisa di rubah padahal kesalahan dari pegawai dukcapil. Soalnya saya sebagai masyarakat miskin ingin pengajuan tidak di acc kan dgn alsn indentitas saya aspal, dan yg saya kwatirkan pada saat coba CPNS juga di permasalakan. Tolong di berikan solusi...

Apa bila saya ingin benahi nama Di kk dan ktp apa petsyaratanny..... Trimakasih

Pak apakah bisa merubah tempat lahir di kk.dan ktp mohon penjelasanya terimakasih.

Pak mau tanya kalau di data KK nama ayah kandung ada kesalahan. Karena sebeumnya pakai nama ayah tiri kalau di rubah menjadi ayah kandung apa yg harus di lakukan langkah2 nya dan persyaratannya mohon penjelasannya saya ucapkan terima kasih

Permisi pak. Kalo mau betulin akta kelahiran yang salah gimana caranya pak? Syaratnya dan alurnya gimana? Ini akta kelahiran saya ada yang salah di penulisan nama ibu. Domisili saya purwodadi pasuruan pak.

Permisi pak. Kalo mau betulin akta kelahiran yang salah gimana caranya pak? Syaratnya dan alurnya gimana? Ini akta kelahiran saya ada yang salah di penulisan nama ibu. Domisili saya purwodadi pasuruan pak.

Apakah pengurusan perubahan KK harus memasukkan ijazah SD sampa pendidikan terakhir seluruh anggota keluarga?
apa kaitannya, kan akte juga diserahkan?

Bagaimana cara merubah tempat kelahiran yang salah di KK sedangkan belum punya akta

Pak mo tanya perubahan data kk ko yg baru ga aktif2 saya cek yg online msh data yg saya betulin mohon infonya

Pada tanggal 3 agustus saya mendatangi kantor kecamatan dikarenakan nomer nik di kk saya salah .ternyata tidak bisa dibereskan pada hari itu juga .tidak tau alasan nya mengapa .lalu saya diberi surat resi untuk pengambilan kk saya yg salah pada tanggal 10 agustus yaitu hari ini .tapi tetap saja tidak bisa diambil karena alasan tertentu .yang jadi pertanyaan .apa saja yg dikerjakan oleh kantor kecamatan jika melakukan perbaikan seperti itu saja tidak bisa .terimakasih .

Lebih baik anda langsung datang ke capil daerah anda, karena di capil prosenya hanya 1 hari

Maaf pa saya ingin bertanya . Saya mau mengubah tahun lair sya d kk . Itu bsa gk ya . Soal nya tahun nya slah . Aturan tahun 97 ini 2000 .. krna sudah salah tahun dari awal saya lahir .ijazah sma akte ku pun jd sma thun 2000 semua . Itu klo d ubah bsa gk ya
Tolonh bantuan nya pa . Terimakasih

Mf pak mau tnya bbrpa thn yg lalu sy prnh bkn ktp dn kk bru tp ga bsa ktnya dta sya dah ga ada pdhl sy blm prnh mta surat pndah,smpe skrng sy ga pnya ktp dn kk ,mhn bantuannya pak sya hrs bgmna

Mf pak mau tnya bbrpa thn yg lalu sy prnh bkn ktp dn kk bru tp ga bsa ktnya dta sya dah ga ada pdhl sy blm prnh mta surat pndah,smpe skrng sy ga pnya ktp dn kk ,mhn bantuannya pak sya hrs bgmna

Maaf pak,saya mau nanya,kalo seorang ayah dan ibu cm pisah rmh dan blm bercerai,,,tp ketua RT tiba2 menghapus kepala rmh tangga dlm KK,apakah itu melanggar UU,,padahal KK asli msh d pegang ibu,dan blm ad surat cerai,,mohon arhanarah,trims

Permisi pak mau nanya kalau ingin mengubah tempat lahir bagaimana caranya dan syaratnya

Tolong saran n bantuanya apa bisa nik kk di rubah soalnya berbeda sama di ektp soalnya dulu sempat kerja d luarkota sblm ada ada program ektp otomatis bikin ktp lagi alias dobel tp bikinya harus ektp dulu n skrng di kk saya niknya pake data ktp yg lama apa bisa di rubah

Mohon maaf sebelumnya saya ingin bertanya? Kalo sudah ada draft dan sudah di beri stempel dari kecamatan, apakah masih ada syarat lain, ketika melakukan pencetakan di disdukcapil? 🙏

Persyaratan utama, hati kita dan pikiran kita dan kesadaran kita pokuskan yg sebenarnya hanya ke jujuran dan ke terusterangan dlm segala pengurusan dokumen, yg ke satu harus benar mana yg benar, mana yg salah, segala sesuatu yg harus di benarkan adalah tunjukanlah kebenaran dan kejujurannya insya alloh segala pengurusan akan cepat di catat dan nyampe ke pusat akan benar,

Kalo ngurusin perubahan KK pintar tetangga boleh pak

Kalau mau hapus nama anak dari kk tp nama itu hanya nama sementara waktu lahir. Sekarang namanya udah ganti jadi ada 2 nama, trus gimna cara menghapus nama/ dengan surat keterangan apa ? Makasih

Saya mau tanyak.bagaimana cara mengurusi tahun lahir di kk yg salah.sedangkan tidak punya ijazah sama sekali/akte/rapot.mohon solusinya

Saya mau tanyak.bagaimana cara mengurusi tahun lahir di kk yg salah.sedangkan tidak punya ijazah sama sekali/akte/rapot.mohon solusinya

Maaf pak klo mau ngurus KK yg salah tempat tgl lahir apa ya persyaratannya

Maaf pak kalau memperbaiki KK yg status perkawinan nya salah bagaimana?adik saya tercantum di kk sebagai istri,bukan sebagai anak

kalo perbaikan space di kk butuh waktu brapa minggu ya?

Sy ganti KK karena pindah status (nikah), setelah itu rencana saya ingin daftar CPNS ternyata pada saat sy ingin registrasi NIK dan no KK baru tidak cocok, malah yg cocok masih dengan KK Lama. Bagaimana solusinya?

Pak nama saya di kartu keluarga tidak sesuai dengan nama ijazah saya, gmana ya cara merubahnya?

Pak kan saya registrasi kartu.. Terus laporannya kk atau nik salah.. Pas di cek di conter katanya iya kk nya yang salah.. Itu prosedurnya gimana

mhn infonya persaratan merubah nama orang tua di KK yg penulisannya kurang satu huruf, apa bisa langsung datang ke Disdukcapil. tks

Pak saya mau naya,apakah bisa ngerubah tgl lahir saya,di kk sama ktp taun saya 1998.
Tetapi tau saya salah?
Tau saya yg bener 1996

Kalau begitu sebaiknya jangan lahir.

Saya mau buat kk e ktp akte kelahiran itu sekali ngurus apa satu2 ya pak/ibu tolong balas cepat.

Asalamualaikum pak bagaimana kalo pembaharuan ktp. Kk. Dan pembuatan akte langsung datang ke capil.. Tp tanpa surat pengantar dari desa... Karena kades didaerah saya harus ada uang adminustrasi yg cukup besar.... Padahal yg saya ketahui itu gratis dan ada administrasi nya paling 5-10 ribu... Bagaimana pak akan kah dilayani dicapil klo gx ada surat keterangan pengantar dari kades. . Tolong informasinya

Bisa aja langsung ke capil untuk pembaharuan ktp kk dan akta tanpa pengantar dari desa.

Bisa,, tinggal bawa kartu keluarga asli sama fotokopi akta kelahiran

Bisa, setau saya syarat nya bawa kartu keluarga asli, dan fotokopi akta yang bersangkutan

proses perubahan nama di kk dan ktp berapa lama ya? Salah satu huruf saja

Bagaimana dg saya, sy dulu di asuh keluarga angkat tp mereka mengatakan kedua ortu kandung sy sudah meninggal dan mereka mengganti nama ortu saya tidak sesuai dg nama asli. Jd di kk, nama ortu kandung memggunakan nama lain yang di infokan ortu angkat. Sampai sy menikah & mmbuat kk baru dg suami, nama ortu kandung sy msh tetap nama lain dan status mati. Dan 1 bulan lalu sy baru menemukan ortu kandung saya smpai tes dna, dan ternyata bnr sy anak kandungnya. Sy ingin mengganti nama ortu di kk dengan nama aslinya dan status msh hidup. Karena sy tidak ingin menganggap mereka meninggal bahwa kenyataannya mereka msh hidup. Apakah bisa?

Bagaimana dg saya, sy dulu di asuh keluarga angkat tp mereka mengatakan kedua ortu kandung sy sudah meninggal dan mereka mengganti nama ortu saya tidak sesuai dg nama asli. Jd di kk, nama ortu kandung memggunakan nama lain yang di infokan ortu angkat. Sampai sy menikah & mmbuat kk baru dg suami, nama ortu kandung sy msh tetap nama lain dan status mati. Dan 1 bulan lalu sy baru menemukan ortu kandung saya smpai tes dna, dan ternyata bnr sy anak kandungnya. Sy ingin mengganti nama ortu di kk dengan nama aslinya dan status msh hidup. Karena sy tidak ingin menganggap mereka meninggal bahwa kenyataannya mereka msh hidup. Apakah bisa?

Mau tanya.. Kan saya mau nikah bahwa alamat kk dan akte saya beda.. Akta di kabupaten pangkep sedangkan kk di bangkalan.. Apabisa alamat di kk di rubah jadi kabupaten pangkep

Mau tanya... Istri pertama meninggal kemudian saya menikah lagi dan KK saya juga ada kesalahan penulisan tanggal lahir anak saya. pertanyaan saya kalau kita mau membuat KK dengan kasus seperti yang saya uraikan di atas apa saja syarat yang di perlukan.. mohon masukannya

Saya mau rubah kk nama salah cuma 1 huruf saja biayanya 150rb selesai 2 bulan... Qlo mau selesai 1 bulan bayar 250rb.... Sblm bikin di tanya dlu mau cepet apa mau lama

Pak mau tau tanya kalo di.kk ada kesalahan ketik RT kira kira persyaratanya bagaimana apakah langsung ke disduk

Pak gmna cara merubah nama di ktp saya UUS KUSWANA sedangkan di KK(kartu keluarga) cuma UUS.

Saya mau nanya pa kan saya abis perubahan data nama nah syarat2 perubahan udah saya lakuin data juga udah dirubah di dukcapil saya tinggal ngetik pencetakan akte yg baru soalnya cuman di kasih foto copy doang apakah akte kelahiran seluruh anggota keluarga harus di serahkan pa

Kalok tempat lahir salah gimana solusi nya pak mohon penjelasan nya

Pak mengurus kk yg salah tempat tanggal lahir dan tahunya prosesnya bagaimana pak?

Saya pnya masalah pak Klo misal nya ada nama yang Kita hapus dari kk Trus kalo Kita masukan Kembali ke Daftar kk Kita Bisa ga ya Trus Klo Bisa langkah nya gmna. Terimakasih

Saya mau tanya...misal mau update status perkawinan itu apa mempengaruhi nomor KK?apa nomor KK akan berubah?

Mau tanya pak?
Gimana cara mengganti nama Arif hidayatullah dengan Ariefin julillham

Saya bantu jawab,bisa untuk merubah tahun lahir dikk bawa persyaratan ya ijazah klo ga akte lahir bawa ke disdukcapil tempat tinggal,tapi ingat tahun lahir bisa diubah tapi no nik dikk ya tidak berubah karna no nik dikk seumur hidup,itu pengalama saya

Kalo saya kemarin minta surat keterangan blum menikah di KUA trus ke kelurahan kecamatan minta cap baru deh ke kantor disdukcapil

mohon maaf karena blog ini jarang aktif lagi

Untuk info lebih lanjut tentang Pengurusan surat-menyurat Kependudukan bisa langsung datang ke Kantor Kecamatan Sukorejo, atau bisa WhatsApp ke nomor 081336335552

tp kok nik d kk sy 2013 beda sm kk nik 2017
shingga sy d data nglmr okrjaan ktny sy gk trdftr sbgai pndduk stmpt

saya mau tanya apakah bisa ngerubah tanggal lahir di capil bagian data apa sja persyaratan nya

SELAMAT MALAM PAK,PAK SAYA MAU NANYAK KAN SAYA MAU NGURUS KTP JADI NAMA SAYA DI KK ITU KURANG PAK,NAMA DI KK SAYA KAN MHD.FERDY SEDANGKAN DI IJAZA SD DAN SMP NAMA SAYA MHD.FERDY RIZALDY PAK,ITU BAGAIMANA CARA NYA YAH PAK...
TOLONG DI JAWAB PAK?🙏🙏🙏

Iya ini bagaimana susah kalau mau ngurus apa apa.

Pak kalau mau merubah pendidikan pakai ijazah asli atau foto copy?
Terus kalau mau cek online data barunya tapi yang ada masih data lama bagaimana?

Mau nnya pak kalau ganti nik di kk karena tidak sinkron dg akta itu nmr kk ikut berubah atau tetap sama ya.. terimakasih

Punten pak kalau bulan perkawinan sm nama ibu mertua salah gimana ya caranya

kemarin sudah di urus di capil perubahan bulan kelahiran tapi belum terdaptar di pusat gimana ya
brapa hari ia biar terdaftar????

Back To Top